v

Minggu, 13 April 2014

HEWAN SEMUT


         Semut adalah Hewan terkecil yang berkelompok

          Semut adalah semua serangga anggota sukuFormicidae, bangsaHymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni.semut  adalah  hewanukuran badannya  kcil walaupun seperti itu semut merupakan hewan terkuat kedua setelah kumbang badak.
        Semut mempunyai jenis yang bermacam – macam semut pekerja,semut pejantan dan ratu semut .semut hidup berkelompok dalam setiap kelompok tersebut terdapat sekitar 1000 semut, dari hidup berkelompok itulah semut biasanya menguasai dan dan menempati daerah tertentu   yang bertujuan untuk berkembang biak dan mencari makanan .
Asal usulnya adanya semut adalah keturunan dari generasi tawon Vespoidea. Analisis Filogenetik mengindikasikan bahwa semut telah berevolusi dari capung vespoid pada periode Kapur sekitar 120 juta sampai 170 juta tahun yang lalu.
     Bentuk dan susunan tubuh pada semut yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena, kelenjar metapleural, dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut yang kurang abdominal segmen dalam petiole). Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua, atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud).
Tubuh semut, seperti serangga lainnya, memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot, berbeda dengan kerangka manusia dan hewan bertulang belakang. Serangga tidak memiliki paru-paru, tetapi mereka memiliki lubang-lubang pernapasan di bagian dada bernama spirakel untuk sirkulasi udara dalam sistem respirasi mereka. Serangga juga tidak memiliki sistem peredaran darah tertutup. Sebagai gantinya, mereka memiliki saluran berbentuk panjang dan tipis di sepanjang bagian atas tubuhnya yang disebut "aorta punggung" yang fungsinya mirip dengan jantung. sistem saraf semut terdiri dari sebuah semacam otot saraf ventral yang berada di sepanjang

0 komentar:

Posting Komentar